Efek Nikmat dari minum bir

Bir adalah sebuah minuman Beralkohol, dan sekaligus salah satu minuman yang sangat dijauhi oleh orang banyak. Bagi sebagian orang, tidak akan mempercayai manfaat minum bir bagi kesehatan karena jenis minuman ini mengandung kadar alkohol yang bisa merusak fungsi tubuh. Seperti bahaya rokok yang dituduh sebagai biang keladi berbagai jenis penyakit misalnya penyakit hipertensi, begitu juga dengan minuman alkohol seperti bis ini dapat membahayakan fungsi hati. Namun sebenarnya terdapat manfaat minum bir untuk kesehatan tubuh yang tidak terduga, simak ulasan berikut selengkapnya.

Manfaat Minum Bir

Manfaat minum bir seakan hanya sebuah mitos bagi sebagian orang karena minum-minuman dengan kadar alkohol apapun jenisnya tidak akan membawa kesehatan bagi tubuh. Bir tergolong ke dalam minuman keras namun, beberapa diantaranya di jual dengan bebas di pasaran. Hal tersebut karena kadar alkohol pada bir tergolong rendah yang berasal dari fermentasi beras dan gula.

Berikut ini kandungan bir yang umum :

    85 % terbuat dari air
    fermentasi gula dan biji – bijian atau padi (malt)
    gula murni (pemanis)
    buah hop (pemberi cita rasa bir)
    sel mikro organisme untuk memproses fermentasi gula jadi alkohol dan karbindioksida (yeast)

Manfaat minum bir bagi kesehatan seperti berikut :

1. Memaksimalkan Pembentukan Tulang

Terdapat kandungan zat silikon pada bir, yang khasiatnya menyerupai kalsium layaknya manfaat susu yang membantu memadatkan tulang. Manfaat minum bir bagi mereka yang memiliki gangguan tulang keropos, mampu mencegah penyakit osteoporosis.

2. Kaya Antioksidan

Bir yang berwarna gelap melalui proses pengolahan dengan suhu tinggi dari hop dan malt yang mengandung antioksidan alami dan vitamin yang lebih banyak daripada bir yang warnanya terang. Manfaat antioksidan pada bir, sama seperti yang ditemukan pada manfaat teh hitam, buah-buahan dan sayuran pada bir dan mampu memperkuat sel tubuh, menekan resiko gejala penyakit jantung dan kanker.

3. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Kandungan bir yang terdiri dari 90% air akan mencegah dari bahaya kekurangan cairan dehdrasi sehingga akan menghindari dari resiko penyakit batu ginjal. Meskipun memang belum ada yang  jenis minuman apapun yang menggantikan manfaat terapi air putih untuk kesehatan fungsi ginjal bagi tubuh.

4. Pencegahan virus berbahaya

Pada bir terdapat semacam senyawa kimia pada kandungan hop, yaitu tanaman yang memberikan efek rasa pahit pada bir. Kandungan tersebut ternyata menciptakan pertahanan terhadap serangan virus penyakit berbahaya seperti kanker, serta menurunkan kadar kolesterol.
Aturan Minum Bir Yang Baik Bagi Kesehatan

Keseluruhan manfaat minum bir di atas, lantas membuat anda harus mengganti minuman anda dengan jenis minuman ini. Bagaimanapun juga alkohol yang berlebihan tetap tidak baik untuk kesehatan. Terdapat batasan yang berbeda untuk aturan minum bir bagi pria dan wanita yaitu :

    2 gelas setiap hari untuk pria
    1 gelas saja untuk wanita

Tentunya akan lebih baik jika kita lebih bijak dalam mengkonsumsi apapun karena hal yang berlebihan belum tentu baik. Menjalani pola hidup sehat dan seimbang adalah pilihan yang bijak untuk menjaga kesehatan di masa depan.
Selain Bir, ada juga beberapa minuman beralkohol Tradisional seperti Sopi, Moke, dan lainnya...
Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Post a Comment